اللّهُمَّ نَجِّ إِخْوَانَنَا الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي فَلَسْطِيْنَ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ

Maktabah Syamilah Versi 4 Thn. 2023


Versi Tanpa Kitab (160 MB): Klik di sini

Versi Lengkap dengan Kitab (11 GB): Klik di sini

Al-Maktaba al-Shamila adalah perangkat lunak (software) gratis yang bertujuan untuk menyediakan lingkungan penelitian digital bagi para sarjana Islam yang dilengkapi dengan banyak koleksi sumber primer Arab dan teks sekunder. 

Maktabah Syamilah muncul pertama kali dengan nama al-Mawsuʿa al-Shamila (‘Ensiklopedia komprehensif’). Muassasah al-Maktabah asy-Syamilah mulai mengembangkan perpustakaan digital Maktabah Syamilah ini pada bulan April 2005 dan terus diupdate hingga sekarang, versi Maktabah Syamilah 1444 H ini disebut yang terbaru dan yang terakhir.

Pembuat program ini adalah anggota dari forum Ahl al-Hadits yang mengenalkan dirinya dengan nama Nafiʿ (nama lainnya al-akh Nafiʿ, ‘Brother Nafiʿ’, atau duktur/al-ustadh Nafiʿ, ‘Dr/Prof. Nāfiʿ’). (Baca sejarah Maktabah Syamilah).

Tentang Maktabah Syamilah

Maktabah Syamilah dapat berfungsi pada sistem operasi Windows 7 ke atas dan diisi dengan data kitab yang dikeluarkan oleh shamela.ws. Proses update dan download kitab (atTarqiyyah) akan berjalan di dalam aplikasi Maktabah Syamilah yang telah terinstal dan dilakukan secara langsung.

Perpustakaan digital Maktabah Syamilah versi 1444 H memiliki jumlah kitab: 7.533 kitab dengan berbagai tema-tema kajian Islam seperti Kitab Akidah, Kitab Firaq wa Adyan wa Rudud, Kitab Tafsir, Kitab Ilmu Al-Quran dan Ushul Tafsir, Kitab Tajwid dan Qiraat, Kutub Sunnah/kitab hadits, Kitab Ilmu Hadits, Kitab Ushul Fikih, Kitab Qawaid Fiqhiyyah, Kitab Ilmu Mantiq, Kitab Fikih 4 Mazhab dan lainnya.

Proses pengumpulan kitab terus dilakukan dengan penambahan kitab baru serta revisi dan ulasan buku, namun hanya untuk versi Maktabah Syamilah 1444 H ini dan bukan untuk versi lama (4 ke bawah)

Maka bagi Anda yang menggunakan Maktabah Syamilah versi 4 kebawah, hendaknya membaca panduan ini.

Apa yang Baru dari Maktabah Syamilah 1444 H

Metode Pencarian
  • Tidak muncul lagi tulisan di awal ketika membuka Maktabah Syamilah.
  • Jika Anda menulis di kolom pencarian misal: يمشون, akan muncul juga kata tashrifnya seperti الماشي, يمشي, الماشية yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa mencari dalam bentuk kalimat, misal Anda menulis: هدانا صراطه, akan muncul saran tulisan: اهدنا الصراط, ولهديناهم صراطا dan هداهم للصراط
  • Bisa mencari kitab dalam kurun waktu tertentu dengan menuliskan kolom pencarian من dan إلى berdasarkn tahun atau kurun.

Update Kitab
  • Update kitab berisi semua buku yang dikeluarkan Syamilah hingga saat ini.
  • Kitab di Syamilah berbentuk format Syamela (.bok), word, pdf dan lainnya, siapa yang ingin filenya dimasukkan ke update Syamilah agar mengirimkan ke email programmer agar tidak ada file berbilang dan berbeda-beda.
  • Menambahkan buku baru, serta merevisi dan meninjau buku, hanya ada untuk versi 4.0 ke bawah dan tidak untuk versi yang saat ini.
  • Opsi untuk membandingkan tafsir (muqaranah), takhrij hadis dan tarajim (biografi ulama) akan disajikan lebih akurat setelah ditinjau nanti.
  • Untuk update kitab, buka aplikasi yang telah terinstal, klik tombol pojok kiri atas. Warna merah dengan angka menunjukkan jumlah kitab yang bisa Anda unduh, sedangkan warna hijau menunjukkan semua file di Syamilah sudah terunduh.
  • Anda tetap dapat menggunakan software Syamilah meskipun sedang proses update kitab. Cukup tutup tampilan dasboard update kitab, dan silakan gunakan fungsi lainnya.

Lauhah Al-Tahakkum/ Laman Pengaturan
  • Memungkinkan untuk menghapus kitab atau beberapa kitab sepenuhnya dari Maktabah Syamilah atau hanya menghapus versi pdf-nya.
  • Anda bisa melihat jenis kitab apakah bentuknya kitab atau majalah dan manakah yang berbentuk makhtutah, naskah penelitian (rasail jamiyyah), file elektronik atau dari file mp3.
  • Ada beberapa keterangan icon yang bisa digunakan ketika mencari kitab yaitu: التصنيف berisi pembagian kitab berdasarkan rumpun keilmuan, misalnya aqidah, ilmu hadis, tarajim wath thabaqat. Misalnya pada rumpun Aqidah di Syamilah kita sudah ada 10 kitab, di rumpun Ilmu hadis sudah ada 25 kitab, akan bertambah sesuai jumlah kitab yang kita unduh. الكتب berisi semua daftar kitab yang kita unduh di Syamilah. المؤلفون berisi daftar nama pengarang, keterangan wafat dan jumlah kitabnya. dan مؤخر kitab yang terakhir kita unduh.
  • Di bagian kiri ada kontrol المفضلة atau kontrol favorit yang bisa Anda buat seperti perpustakaan sendiri. Anda dapat meletakkan buku di favorit Anda di lebih dari satu folder. Saat mencari, Anda dapat memilih folder dari favorit Anda di bawah kolom pencarian.
  • Di bagian kontrol ini Anda bisa membuat folder, menambahkan buku dan mengganti nama buku dengan nama lainnya, misal dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, serta Anda juga bisa mengubah urutan folder atau membuat sub foldernya.

CARA TAKHRIJ HADIS DENGAN MAKTABAH SYAMILAH klik di sini